5 Jenis Usaha Saat Pandemi yang Cocok untuk Pemula

Beberapa jenis usaha yang cocok untuk pemula saat ini memang bisa dilakukan secara online. Kondisi pandemi yang belum berakhir membuat semua orang kini harus memutar otak agar tetap bisa mendapatkan penghasilan. Di tengah tantangan tersebut, beberapa lembaga keuangan masih memberikan kelonggaran untuk mendapatkan kredit cepat untuk usaha yang produktif.

Ada cukup banyak pilihan dan jenis usaha untuk para pemula dengan modal kecil. Salah satu jenis usaha yang paling banyak bertahan tentu saja berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia seperti kebutuhan pokok, dagang kuliner, hingga mengembangkan bisnis rumahan lainnya agar tetap bisa dijalankan dengan modal yang relatif lebih murah dan terjangkau.

  1. Wiraswasta usaha mengantar dan menjemput barang.
  2. Bisnis sampingan menjadi dropshipper.
  3. Usaha kuliner dengan modal ringan.
  4. Usaha pakaian dengan marketing secara online.
  5. Jasa titip beli atau jastip.

1. Wiraswasta usaha mengantar dan menjemput barang.

Kondisi PPKM yang terus menerus diperpanjang membuat pembatasan gerak masyarakat. Namun demikian, kondisi tersebut justru menjadi salah satu peluang untuk membuka jasa layanan antar jemput barang. Jasa logistik kini menjadi primadona karena kebutuhan ekonomi. Barang masih tetap bisa bergerak. Untuk pemula bisa memulai lewat order secara online dengan menawarkan lewat tetangga, saudara, hingga keluarga. Sambil mengembangkan layanan pemesanan secara online berbasis web atau aplikasi. Sehingga perkembangannya bisa lebih signifikan. 

2. Bisnis sampingan menjadi dropshipper.

Salah satu bisnis yang sering direkomendasikan bagi para pemula yang belum punya barang adalah dengan menjadi dropshipper. Modalnya tergolong murah dan mudah. Pilih barang yang murah dan mudah terjual dulu. Misalnya menjadi dropshipper barang kebutuhan pokok. Apa yang bisa dijajakan secara online atau bahkan bisa dimulai dari keluarga terdekat sekalipun. Sehingga lambat laun bisa terus upgrade barang-barang yang akan dijual.

Menjadi dropshipper terbilang lebih mudah prosesnya. Barang bisa diambil dari distributor secara online kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan margin keuntungan. Biaya kirim tetap akan ditanggung oleh pelanggan. Modal pembeliannya bisa dengan memanfaatkan kredit cepat, bayar bisa cicilan atau pakai opsi bayar dalam 30 hari. Jadi, saat barang sudah diterima oleh pembeli, bisa langsung dilunasi pokok pinjamannya. Sementara untungnya bisa disimpan di kantong pribadi. 

3. Usaha kuliner dengan modal ringan.

Jenis usaha saat pandemi yang cocok untuk pemula adalah bisnis kuliner atau makanan. Bisa dengan memulai menjual sarapan, paket isoman, hingga makanan yang dijajakan pada saat malam hari. Tentukan dulu jenis makanannya apakah makanan untuk sarapan, makanan berat, makanan ringan, makanan tradisional, dan lain sebagainya. Setelah itu tentukan target pasar serta jenis pemasaran yang akan digunakan.

Beberapa yang terlihat banyak dibutuhkan adalah makanan olahan seperti makanan beku. Makanan pokok siap saji yang bisa dimasak dan disajikan kapan saja serta makanan sehat yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan untuk jenis bisnis minuman kesehatan pun tak menutup kesempatan masih banyak peluang yang bisa dikerjakan.

4. Usaha pakaian dengan marketing secara online.

Jenis usaha saat pandemi lain yang cocok bagi pemula bisa dijalankan secara online adalah bisnis pakaian. Pada saat musim sekolah umumnya anak-anak masih tetap membutuhkan seragam sekolah. Selain itu beberapa jenis pakaian rumahan mulai banyak dilirik karena kondisi pandemi yang membuat masyarakat harus lebih banyak berada di rumah.

5. Jasa titip beli atau jastip.

Jenis usaha saat pandemi yang cocok bagi pemula yang tetap dibutuhkan adalah jasa titip beli atau disingkat jastip. Jastip masih tetap dibutuhkan untuk belanja kebutuhan pokok. Bahkan kini beberapa ritel menyediakan jasa pembelian online. Bukan menutup kemungkinan saat PPKM sudah dibuka dan pembatasan dilonggarkan sedikit demi sedikit, jasa titip masih dibutuhkan bagi mereka yang memang lebih memilih tetap berada di rumah. 

Berbagai jenis usaha saat pandemi bagi pemula memang tidak hanya terbatas pada pilihan-pilihan tersebut. Masih banyak aneka jenis yang bisa dikerjakan. Apalagi saat ini beberapa fintech memberikan kemudahan kredit cepat untuk modal usaha. Pun seperti yang ditawarkan oleh Kredivo yang membantu para pelaku usaha mendapatkan tambahan modal dengan limit kredit hingga Rp30 juta.

Kredivo menawarkan pinjaman berbunga rendah 2,6% per bulan dengan biaya yang transparan. Tidak perlu uang muka dan tidak ada survey. Semua proses administrasi dilakukan secara digital lewat aplikasi resmi Kredivo yang bisa diunduh lewat Google Play Store maupun App Store.

Cicilan kredit cepat dari Kredivo bisa dipilih tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Untuk opsi cicilan 30 hari dan 3 bulan diberikan tanpa bunga khusus untuk pembelian belanja online maupun offline di merchant resmi Kredivo termasuk seperti IKEA, Erafone, Electronic City, McD, dan lebih dari 1000 merchant, marketplace, toko online di Indonesia. Kemudahan tersebut sangat membantu bagi para pemula yang ingin mencoba tetap menjalankan bisnis di masa pandemi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *