8 Obat Alami Bagi Ibu Hamil yang Sedang Batuk

Saat hamil sistem kekebalan tubuh yang dimiliki  oleh ibu hamil ini mengalami penurunan. Hal ini menjadikan seorang ibu yang sedang hamil ini memiliki resiko yang lebih mudah terkena penyakit, salah satunya adalah batuk.

Menurut American Pregnancy Association jika seorang yang sedang hamil terkena batuk hal tersebut bisa lama terjadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum batuknya menjadi lebih parah sebaiknya harus segera diobati.

            Lalu apa obat batuk untuk ibu hamil yang aman? Apakah cukup dengan meminum obat batuk biasa? Hal itu tidak boleh Anda lakukan karena saat sedang hamil Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat karena hal ini bisa jadi berbahaya untuk janin. Sangat di sarankan untuk mengkonsumsi bahan- bahan alami saja untuk mengobati batuk, ini dia bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan.

Macam-macam Obat Batuk Alami di Sekitar Kita | VT-K News

source gambar : VT-K.com

·         Madu dan Jahe

Kandungan yang ada di dalam jahe ini bisa menbantu Anda untuk mengurangi gejala batuk yang Anda alami ketika sedang hamil. Selain itu bisa juga membantu untuk melegakan saluran pernapasan dan mengeluarkan dahak. Parutlah dua buah ruas jahe yang masih segar dan jangan lupa untuk menambahkan madu. Seduh menggunakan air hangat dan konsumsi 2 kali satu hari di pagi dan juga malam hari.

·         Bawang dan Lemon

Cara selanjutnya untuk mengalami batuk yang diamali ibu hamil adalah dengan membuat jus dari bawang dang juga lemon. Anda bisa mencampurkan kedua bahan ini dengan air yang mendidih lalu diamkan selama 3 menit. Jika dirasa sudah dingin Anda bisa memasukan madu dan minum 3 kali dalam satu hari.

·         Telur Ayam Kampung

Bahan alami yang selanjutnya adalah telur ayam kampung, bahan alami ini bisa membantu untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan dan tetap aman untuk ibu hamil. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan telor ayam kampung dengan 2 sendok makan gula pasir dan juga air mendidih secukupnya, kemudian aduk hingga merata. Dan minum ramuan ini sehari dua kali.

·         Anggur

Obat yang selanjutnya adalah buah anggur, untuk mengobati batuk Anda juga bisa menggunakan anggur yang dicampurkan dengan madu. Obat yang satu ini cukup efektif untuk di konsumsi, minum sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

·         Bawang Putih

Obat selanjutnya adalah bawang putih, bawang putih ini memiliki kandungan antioksidan dan juga antivirus yang baik untuk tubuh. Kombinasi kandungan yang ada di bawang di bawang putih ini bisa membantu meredakan batuk. Caranya dengan menghancurkan bawang putih lalu tumis dan konsumsi untuk porsinya pastikan secukupnya ya.

·         Air Putih

Obat yang paling mudah di temukan di rumah adalah air putih, ternyata air putih ini juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk. Caranya cukup konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, dengan mengkonsumsi air yang cukup juga bisa menghindari tubuh Anda terkena dehidrasi.

·         Teh Lemon

Obat yang terakhir adalah the dan juga lemon, kandungan asam yang ada didalam lemon ini bisa memudahkan untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan. supaya batuknya cepat reda campurkan air lemon dengan the tapi jangan di tambahkan gula.

·         Air Garam

Dari jaman dulu air garam ini sudah dipercaya bisa mengobati batuk dengan cara di kumur. Hal tersebut juga sudah terbukti kalau air garam ini bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak. Caranya cukup mudah hanya campurkan garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *