Empat Tingkat Pengambilan Keputusan

Empat Tingkat Pengambilan Keputusan

Dalam hal Keterampilan Komunikasi, memahami bagaimana orang berpikir dan membuat keputusan adalah hal yang sangat berharga. Kemampuan Anda untuk menjadi efektif dengan keterampilan komunikasi Anda meningkat secara dramatis ketika Anda tahu di mana seseorang berada dalam hal tingkat pengambilan keputusan mereka, pilihan yang terbuka bagi mereka, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik Jasa Pajak Bulanan Jakarta.

4 Tingkat Pengambilan Keputusan adalah kerangka kerja fundamental yang memungkinkan para pemimpin dan mereka yang perlu memengaruhi klien utama mereka, menjadi jauh lebih efektif dengan jauh lebih mudah.

Berikut adalah 4 Tingkat Dasar Pengambilan Keputusan dari Steve Lishanskyâ„¢:

Level #1 adalah tentang Kejelasan. Apakah kita jelas tentang apa yang kita bicarakan? Jika kita tidak jelas, mengapa kita bergerak maju? Terlalu sering, ketika kita memiliki gagasan yang kabur tentang apa yang ingin kita capai, atau kita tidak begitu yakin apa yang coba dikatakan atau dilakukan oleh klien kita, kita membiarkan mereka terus berjalan seolah-olah kita memahaminya. Mendapatkan kejelasan – dan khususnya kejelasan tentang apa yang benar-benar penting – adalah aplikasi penting, tingkat pertama, mendasar dari keterampilan komunikasi Anda.

Level #2 adalah tentang Fokus. Setelah kita memiliki kejelasan tentang apa yang sedang kita bicarakan, bagian penting berikutnya adalah tentang Fokus. Pertanyaan pada level ini menjadi: Apakah yang kita bicarakan terfokus pada apa yang paling penting? Jika tidak terfokus pada apa yang paling penting bagi kita, bagi klien kita, bagi organisasi kita, maka kita tidak boleh berurusan dengannya. Jika kita jelas tentang apa yang kita hadapi, dan kita tahu itu fokus pada apa yang paling penting, maka kita pindah ke tingkat berikutnya. Jika tidak jelas, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan kejelasan tentang apa yang paling penting dan melihat apakah apa yang ‘di atas meja’ konsisten dengan apa yang paling penting.

Level # 3 adalah tentang Dampak. Faktor kritis di sini, pada tingkat pengambilan keputusan ini, adalah bahwa begitu kita memahami bahwa kita berfokus pada apa yang paling penting, pertanyaan kuncinya kemudian menjadi: Pilihan dan keputusan apa yang memiliki dampak terbesar dalam mencapai apa yang paling penting? Ini adalah tingkat pertama dari pengambilan keputusan kepemimpinan yang nyata – membuat dampak pada apa yang benar-benar penting.

Level #4 adalah tentang Leverage. Setelah kita dapat secara teratur membuat keputusan yang berdampak pada apa yang paling penting, kita dapat beralih ke pengambilan keputusan Level 4. Ini adalah tingkat tertinggi dari pengambilan keputusan kepemimpinan, yang saya sebut Leverage. Leverage adalah menciptakan lingkungan dan peluang bagi orang lain untuk memberikan dampak. Inilah keunggulan para pemimpin terbaik dan paling sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *