Macan Kemayoran Julukan untuk Persija Jakarta

Liga sepak bola Indonesia dikenal nama “Macan Kemayoran” sebagai julukan dari Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta (Persija). Julukan itu selain terinspirasi kegagahan dan keganasan harimau, juga terinspirasi dari tokoh Abang Murtado. Seorang jagoan Betawi yang pada masa jayanya dikenal dengan nama julukan Macan Kemayoran. Tidak diketahui dengan pasti sejak kapan nama Macan Kemayoran itu mulai dipakai sebagai julukan untuk Persija.

Bergabungnya klub ke dalam Persija, membuat Persija menjadi kesebelasan yang makin tangguh dengan pemain pilihan.

Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat menunjang keberhasilan suatu klub sdalam epakbola.

  1. Manajemen yang professional.

Sepakbola professional sudah menjadi suatu industri tersendiri. Klub-klub sepakbola professional hendaknya dikelola secara professional pula. Kesejahteraan pemain, pelatih, dan para offisial menentukan prestasi optimal dari para pemain.

  1. Pelatih yang kompeten.

Pelatih memegang posisi kunci dalam mengarahkan dan memotivasi pemain untuk bermain sebaik-baiknya. Pelatih juga menentukan strategi permainan yang effektif untuk memenangkan pertandingan.

  1. Program latihan yang seimbang.

Diperlukan suatu program latihan yang seimbang antara latihan teknik dan latihan phisik serta motivasi mental pemain. Waktu istirahat yang cukup juga dibutuhkan untuk menjaga kebugaran pemain dan menghindari cedera.

  1. Pencari bibit (talent scout) yang aktif.

Mengingat waktu aktif dari pemain hingga mencapai puncak prestasinya tidak tanpa batas, maka perlu terus menerus dicari bakat-bakat baru baik dari klub-klub internal maupun dari klub eksternal.

  1. Pemain berbakat yang disiplin dan sportif.

Bakat seorang pemain menentukan perjalanan karir pemain yang bersangkutan..

  1. Sarana pendukung lainnya.

Salah satu faktor penentu dalam pemeliharaan kebugaran pemain adalah asupan gizi yang optimal. Seorang psikolog juga diperlukan untuk mendukung pembentukan mental juara pada seorang pemain.

  1. Pendukung yang sportif.

Pendukung klub sepakbola memberikan dukungan yang positif kepada kesebelasan yang sedang bertanding. Namun fanatisme yang berlebihan dapat membawa efek yang merugikan klub yang didukungnya. Para pendukung perlu diberi arahan agar dapat menjaga sportifitas baik di dalam maupun di luar gelanggang olah raga.

Gabungan dari ke tujuh poin tersebut, jika dioptimalkan dapat membawa sebuah klub sepakbola menjadi pemenang di setiap laga. Selain itu menjadi juara kompetisi maupun dalam pertandingan di tingkat professional yang lebih tinggi. Hingga dalam tim nasional untuk membela nama negara dalam pesta olah raga internasional. Semoga Macan Kemayoran dapat memraktekkan ke tujuh poin itu dalam membina klubnya dan mencapai prestasi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *