Waspadai Penyakit Bronkitis Dengan Mengenali Penyakit Tersebut

Penyakit Bronkitis: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

source gambar : idntimes.com

 Mungkin bagi sebagian orang mendengar penyakit bronkitis bukanlah hal yang jarang didengar, tetapi apakah anda tahu apa itu sebenarnya penyakit bronkitis? Penyakit bronkitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada cabang tenggorok atau bronkus yang merupakan saluran udara yang ada didalam paru-paru.

Biasanya penyakit bronkitis ini sering menyerang orang-orang yang merokok dan juga memiliki penyakit paru bawaan lainnya. Umumnya penyakit bronkitis ini tidak terlalu parah dan dapat disembuhkan setelah melalukan perawatan yang disarankan oleh dokter terkait, tetapi lain hal nya jika orang yang menderita bronkitis sudah memiliki riwayat penyakit paru lain sebelumnya maka proses penyembuhannya pun akan lebih sulit dari biasanya.

Terdapat beberapa jenis penyakit bronkitis yang perlu anda ketahui antara lain seperti Bronkitis infeksiosa yakni penyakit bronkitis yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun organisme lain yang menyerupai bakteri. Yang kedua yaitu Bronkitis iritatif yakni penyakit bronkitis yang disebabkan oleh berbagai jenis debu, asap, ammonia, dan beberapa jenis pelarut organic lainnya dalam kadar yang cukup tinggi.

Gejala yang umum terjadi pada penyakit bronkitis ini hampir mirip dengan yang terjadi oleh pengidap infeksi paru atau pneumonia. Penderita penyakit bronkitis biasanya akan merasa gejala gejala seperti terjadinya pembesaran pada amandel dan pada orang yang mengalami penyakit bronkitis infeksiosa biasanya gejala yang sering muncul seperti hidung meler, pilek, kelelahan, sakit dibagian punggung, nyeri otot, nyeri tenggorokan, demam ringan, serta batuk-batuk yang biasa diidentikan dengan penyakit bronkitis.

Selanjutnya gejala yang dialami pada pengidap bronkitis tahap menengah yaitu gejala-gejala yang sebelumnya dirasakan saat awal mengidap penyakit bronkitis namun ditambah dengan kondisi batuk-batuk yang semakin parah dan mengeluarkan dahak kental yang berwarna kuning yang selanjutnya dahak akan menjadi semakin banyak dan berubah warna menjadi hijau jika tidak segera ditangani.

Terakhir gejala yang dialami pada orang yang mengidap penyakit bronkitis tahap yang parah biasanya akan terasa batuk yang semakin parah dan dibarengi dengan keluarnya darah saat batuk kemudian nafas menjadi semakin pendek dan juga Ketika sedang bernafas mengeluarkan bunyi pernapasan yang abnormal.

Jika sudah mengalami gejala-gejala seperti diatas maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan tes fungsi pada paru-paru, rontgen pada dada, dan juga tes gas darah didalam arteri.

Jika masih berada dalam tahapan bronkitis yang tidak terlalu mengkhawatirkan, maka penanganan dengan cara melakukan pengobatan secara alami juga masih bisa dilakukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit bronkitis yaitu dengan memakan buah pisang yang dicampur dengan dua sendok madu dan juga air hangat secukupnya.

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan memakan bawang putih karena bawang putih dipercaya mengandung antibiotik alami dan juga antivirus yang baik bagi tubuh kita.

Cara yang ketiga yaitu dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung vitamin C karena jandungan didalam vitamin C dipercaya dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh.

Cara yang keempat yaitu dengan meminum ramuan air kunyit yang dipercaya dapat menyembuhkan bronkitis karena kunyit mengandung anti inflamasi yang baik bagi tubuh.

Cara yang kelima yaitu dengan mengkonsumi air rebusan jahe sebanyak 2-3 kali dalam sehari karena selain jahe memberi rasa hangat pada tenggorak jika diminum, jahe juga mengandung anti inflamasi yang baik bagi tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *